Sabtu, 03 November 2012

Kecanduan Internet Digolongkan Jadi Penyakit Mental

Aliza Marcella
Sabtu, 3 November 2012 07:01 WIB





Kadang-kadang kecanduan internet bisa berakibat kematian

AUSTRALIA, Jaringnews.com - Internet telah menjadi bagian dari kehidupan modern. Di kantor, di rumah dan bahkan di kamar tidur, banyak orang merasa perlu untuk selalu terhubung ke internet. Hati-hati dengan kebiasaan ini, Anda bisa terserang penyakit kecanduan internet.

International Encyclopedia of the Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-IV) telah memasukkan kecanduan internet sebagai suatu penyakit. Gangguan mental ini disebutkan perlu penelitian lebih lanjut.

Para psikolog mengatakan bahwa kecanduan internet sangat mirip gejalanya dengan gejala untuk kecanduan lainnya. Hal ini menyebabkan depresi emosional, kesulitan konsentrasi, dan menimbulkan sikap apatis.

Seseorang yang 'berselancar' berlebihan di internet akan lebih suka berada di depan layar komputer, gadget atau tablet daripada bertemu langsung dengan orang lain. Kadang-kadang kecanduan internet bisa berakibat kematian. Beberapa waktu lalu, seorang penggemar internet di Taiwan menghabiskan waktu di depan komputer selama 40 jam nonstop ditemukan tewas.

Dilansir Genius Beauty (1/11), Australia adalah salah satu negara pertama yang mengakui bahwa kecanduan internet merupakan penyakit. Ahli setempat percaya bahwa kelompok yang paling berisiko meliputi anak-anak, yang memang sangat doyan pada game komputer.


Sumber : http://jaringnews.com/hidup-sehat/umum/26669/kecanduan-internet-digolongkan-jadi-penyakit-mental

Tidak ada komentar:

Posting Komentar