Selasa, 06 November 2012

Awas! Saat-saat Seperti Ini Paling Rawan Serangan Jantung



AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

Jumat, 02/11/2012 10:14 WIB

Jakarta - Serangan jantung bisa muncul kapan saja dan biasanya tidak bisa diperkirakan sebelumnya. Namun berdasarkan teori serta bukti statistik, risiko serangan jantung yang mematikan itu cenderung meningkat pada saat-saat tertentu. Kapan saja?
Saat-saat yang dianggap paling rawan serangan jantung adalah sebagai berikut, seperti dikutip dariMSN Health, Kamis (1/11/2012).

1. Saat pidato

Bicara di depan umum sama bahayanya dengan olahraga berlebihan, kalau dilakukan saat grogi. Kegelisahan tingkat tinggi bisa meningkatkan tekanan darah, denyut jantung serta kadar adrenalin yang menurut berbagai penelitian sangat rentan memicu serangan jantung.

2. Saat BAB tidak lancar

Ngeden atau mengejan terlalu kuat gara-gara sembelit susah buang air besar bisa membuat tekanan jantung meningkat. Bagi yang memiliki risiko atau bahkan pernah mengalami serangan jantung sebelumnya, kondisi ini rawan memicu kekambuhan. Cegah dengan pola makan yang sehat terutama dengan memperbanyak makan serat.

3. Seusai makan enak

Junk food dan makanan berlemak rasanya memang enak, tetapi risikonya besar bagi jantung. Tidak perlu menunggu beberapa tahun kemudian, penelitian terbaru menunjukkan bahwa dalam jangka sangat pendek makanan-makanan sampah (junk berarti sampah) seperti itu bisa merusak arteri atau pembuluh darah yang menuju jantung.

4. Saat olahraga berat

Para ahli telah menegaskan bahwa olahraga tidak pernah menjadi penyebab satu-satunya di berbagai kasus serangan jantung. Namun diakui, kontraksi otot yang sangat kuat dan mendadak bisa menjadi pemicu atau trigger serangan jantung jika seseorang memang sudah memiliki risiko. Masalahnya, kadang risiko itu tidak disadari sebelumnya sehingga seolah-olah olahraganya yang menyebabkan serangan jantung.

5. Pada pagi hari

Penelitian di Harvard University menunjukkan bahwa 40 persen serangan jantung terjadi di pagi hari. Alasannya adalah pada saat bangun tidur, tubuh melepaskan adrenalin serta hormon stres yakni kortisol dan sekaligus memompa jantung lebih kuat untuk mendistribusikan oksigen ke organ-organ yang mulai dipakai untuk beraktivitas.

6. Setiap hari Senin

Tidak perlu diragukan lagi, awal pekan hari paling stressfull dibanding hari-hari yang lain. Ditambah dengan kebiasaan tidur-tiduran di akhir pekan lalu mendadak kurang tidur karena terlalu sibuk di awal pekan, kerja jantung jadi lebih berat dan itu bisa meningkatkan risiko serangan jantung. Pun statistik menunjukkan bahwa 20 persen serangan jantung terjadi pada hari Senin.

Sumber : http://health.detik.com/read/2012/11/02/095433/2079456/766/awas-saat-saat-seperti-ini-paling-rawan-serangan-jantung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar