Sabtu, 03 November 2012

Ini Propinsi yang Paling Banyak Warga Terpasung


Malu banget, pemerintah getol-getolnya kampanye anti pelanggaran HAM tapi di berbagai daerah masih saja ada orang yang dipasung seumur hidupnya dengan berbagai alasan.
Entah karena sakit jiwa, karena cacat, karena perangainya aneh dan macam-macam lainnya. Tapi apapun alasannya, Kementerian Kesehatan tegas mematok program bahwa Indonesia harus bebas dari rakyat yang dipasung pada 2014. Sayangnya, target ini pun terkendala.
"Awalnya kita targetkan 2014, Indonesia bebas pasung. Namun hingga saat ini, baru tercatat 2800 (orang dipasung) dari 17 provinsi yang melaporkan ke Kementerian Kesehatan," tutur Diah Setia Utami, Sp.KJ, MARS sebagai Direktur Bina Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan di Jakarta, Jumat (5/10/2012).
Provinsi yang telah melaporkan mengenai jumlah yang dipasung adalah Jawa Tengah dan Aceh. Saat ini Kementerian Kesehatan memperkirakn jumlah orang yang dipasung sekitar 20 ribu.  "Mungkin 2019-2020 mendatang kita baru akan nyatakan Indonesia bebas pasung," katanya.
Berbagai alasan yang menyebabkan dipasung. Umumnya keluarga merasa malu mempunyai anggota keluarga yang mengalami gangguan kejiwaan, beranggapan penyakit karena kesurupan dan ketidakmampuan biaya. (Eko Sutriyanto)
Sumber : http://www.tribunnews.com/2012/10/05/ini-propinsi-yang-paling-banyak-warga-terpasung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar