Selasa, 04 Desember 2012

Mengatasi Anak Obesitas Berawal Dari Meja Makan

Tribunnews.com - Sabtu, 17 November 2012 11:24 WIB



TRIBUNNEWS.COM - Memiliki anak dengan kelebihan berat badan atau obesitas kerap membuat pusing orangtua. Sebenarnya ada cara mudah untuk mengatasinya. Semua berawal dari meja makan dan pola adopsi.
Menurut dr. Nany Leksokumoro, MS., Sp.GK, sifat anak meniru orang tua dan orang di sekitarnya. Karenanya, dalam program memerangi kegemukan pada anak, keterlibatan aktif orangtua amat dibutuhkan. Mulai dari memberi contoh perilaku hidup dan makan sehat, memberikan lebih banyak waktu dan perhatian.
"Meja makan bisa pula menjadi ajang informasi program diet mereka. Orang tua berkesempatan memberi pengertian, misalnya mengapa sayur harus dimakan," jelas Nany.
Atau, mencontohkan mereka mengunyah makanan sampai halus. Cara ini selain meringankan kerja alat pencernaan, juga mampu mengendalikan berat badan.
Lalu, ajak mereka mengambil makanan sesuai dengan porsinya. Dengan demikian, tak akan ada makanan yang tersisa dan anak pun makan dalam kalori yang cukup.
Acara makan  bersama keluarga akan menjadi waktu yang menyenangkan bagi anak daripada dia makan sendirian dan makan makanan yang bukan favoritnya. Mereka bisa makan sambil bercerita apa saja yang mereka alami hari itu.
Makan bersama di restoran juga bukan hal tabu. Tapi pilihan resto siap saji yang menjadi favorit anak hendaknya diminimalkan. Misalnya, bila biasanya Anda dan keluarga pergi makan di luar setiap minggu, pilihan resto siap saji mungkin cukup sebulan sekali. Minumannya cukup air putih atau teh saja karena soft drink dan minuman manis lainnya mengandung kalori yang tinggi.
Sumber : http://www.tribunnews.com/2012/11/17/mengatasi-anak-obesitas-berawal-dari-meja-makan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar