Sabtu, 28 Juli 2012

Apakah Hepatitis C Itu?




Ilustrasi Virus Hepatitis C

Hepatitis C adalah salah satu tipe virus yang menyerang hati. Ketika virus ini berkembang biak, virus ini membunuh sel hati dan memancing sistem kekebalan tubuh untuk melakukan perlawanan. Reaksi serangan ini bisa berakibat fatal pada hati seperti terjadinya peradangan dan/ atau terbentuknya jaringan parut/ fibrosis pada hati. Jika hal ini terus dibiarkan terjadi tanpa melakukan pengobatan dapat berakibat pada terjadinya kerusakan hati yang sangat serius seperti sirosis (pengerasan hati karena terbentuknya jaringan parut) atau kanker hati.

Kebanyakan orang yang terinfeksi virus hepatitis C berlanjut menjadi hepatitis C yang kronis. Infeksi ini menjadi kronis (menahun) karena sistem kekebalan tubuh sudah tidak lagi bisa memerangi virus ini.

Anda mungkin berpikir kondisi seperti ini akan membuat Anda semakin merasakan sakit seiring berjalannya waktu. Tetapi perlu diketahui bahwa, pada sebagian besar orang, hepatitis C adalah asimtomatik yang artinya mereka tidak merasakan gejala apa–apa selama bertahun-tahun sejak terinfeksi hepatitis C. Tidak ada yang bisa memastikan apakah gejala-gejala ini akan timbul di waktu kemudian.

Ini adalah bagian yang amat menjebak : tidak merasakan gejalanya bukan berarti virus hepatitis C tidak sedang merusak hati Anda. Virus ini tetap hidup di dalam tubuh Anda tanpa memberikan gejala yang pasti. Faktanya, banyak orang yang tidak merasakan gejalanya sampai kerusakan hati yang parah terjadi. Itulah mengapa amat penting melakukan tes dan berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai pengobatan hepatitis C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar