Sabtu, 28 Juli 2012

Apa yang Dimaksud dengan Genotipe?


Pernahkah Anda menggandakan kunci dan mengetahui bahwa sedikit perbedaan kecil pada kunci duplikat itu bisa menyebabkan kunci tersebut tidak dapat digunakan. Dengan demikian Anda dapat mengetahui bahwa perbedaan kecil sekalipun dapat menyebabkan kunci tersebut tidak berfungsi. Walaupun kunci tersebut terbuat dari bahan yang sama, memiliki fungsi yang sama, tetapi bentuk dari kunci yang baru bisa tidak cocok dengan lubang kunci yang tersedia.

Walaupun memiliki banyak kesamaan, perbedaan genetik yang sangat kecil antar virus dapat menyebabkan perbedaan yang kecil maupun yang sangat besar. Pada kasus hepatitis C, perbedaannya bukan pada bagimana virus ini mempengaruhi tubuh Anda, tetapi pada bagaimana virus ini merespon terapi pengobatan yang diberikan.





Terdapat 10 jenis utama virus hepatitis C (yang disebut genotipe). Setiap jenis ditandai dengan nomor dari 1 sampai 10. Setiap jenis memiliki sebaran wilayah masing -masing. Misalnya, genotipe jenis 1, 2, dan 3 adalah jenis yang paling sering ditemui di Amerika Utara dan Eropa Barat, Australia, Timur Jauh dan daerah Asia Pasifik. Di Indonesia, genotipe 1 adalah jenis virus yang paling banyak dijumpai pada kasus hepatitis C.

Mengetahui genotipe Anda sangatlah penting karena ini berpengaruh terhadap rencana pengobatan dan respon terhadap terapi. Jika Anda tidak tahu genotipe dari virus yang Anda idap, berkonsultasilah dengan dokter Anda. 

Hanya dokter Anda yang dapat memutuskan berapa lama terapi yang dibutuhkan untuk genotipe tertentu, tetapi pada umumnya penderita dengan genotype 1 dan 4 membutuhkan 48 minggu perawatan, dan penderita dengan genotipe 2 dan 3 hanya membutuhkan 24 minggu perawatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar