Sabtu, 28 Juli 2012

Apa yang Sebaiknya Anda Lakukan jika terkena hepatits?


Apabila hati Anda mengalami kerusakan, ada beberapa cara untuk menjaga agar perusakan hati tidak berlanjut. Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter atau profesional medis mengenai kondisi Anda sebenarnya. Secara umum beberapa langkah berikut dapat membantu Anda:

  • Hindari alkohol. Hati menganggap alcohol sebagai zat beracun, jadi hati menyaring dan membuangnya. Ketika seseorang terinfeksi hepatitis C, alkohol dapat secara signifikan meningkatan perusakan hati. Hindari konsumsi alkohol bersamaan dengan asetaminofen (obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas di pasaran). Ketika Anda mengkonsumsinya secara bersamaan ini dapat memperparah perusakan hati.

  • Makanlah makanan sehat. Ketika hati Anda mengalami kerusakan, maka tubuh Anda tidak akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Anda akan merasa lelah atau lemas. Anda juga akan kehilangan nafsu makan. Oleh sebab itu sangatlah penting bagi Anda untuk menjaga asupan nutrisi harian yang Anda butuhkan untuk menjaga berat badan dan energi Anda pada level yang seharusnya.
  • Minumlah air yang banyak. Air adalah salah satu bagian penting yang berpengaruh di dalam fungsi tubuh kita. Air membantu untuk menghilangkan racun dan membantu melakukan proses penyerapan terhadap nutrisi penting. Meminum air dalam jumlah yang diperlukan juga dapat membantu menghilangkan efek samping selama pengobatan atau terapi. Tetapi perlu juga diperhatikan, apabila Anda sudah mengalami sirosis pengurangan cairan perlu dilakukan jika tubuh Anda mengandung terlalu banyak cairan.
  • Mengurangi garam dalam pola makan Anda. Ketika penyakit hati menjadi semakin parah, ginjal akan bereaksi untuk menyimpan garam dan air. Garam berfungsi seperti sepon yang menyerap air, hal ini meyebabkan penumpukan cairan dalam tubuh. Mengurangi garam dalam pola makan dan membatasi jumlah cairan yang masuk ke dalam tubuh Anda dapat membantu mengurangi penumpukan kadar cairan dalam tubuh.
  • Dapatkan vaksinasi untuk mencegah hepatitis A dan hepatitis B. Ko-infeksi hepatitis C dengan jenis hepatitis yang lain dapat menyebabkan kerusakan hati yang lebih parah lagi. Walaupun belum ada vaksin untuk hepatitis C, vaksinasi untuk mencegah penderita hepatitis C dari infeksi virus hepatitis A dan hepatitis B dapat dilakukan. Berkonsultasilah dengan dokter atau profesional medis mengenai tindakan vaksinasi ini.
Walaupun hepatitis C dapat menyebabkan timbulnya jaringan parut dan radang pada hati, pengobatan yang yang tepat dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar