Kamis, 13 Oktober 2011

Orang Tua Banyak yang Belum Mengetahui Bahaya Cacingan pada Balita

Pdpersi, Jakarta - Masyarakat harus mewaspadai cacingan atau penyakit infeksi yang disebabkan oleh cacing pada anak usia di bawah lima tahun (balita). Sebab, sampai kini masih banyak orang tua yang belum mengetahui bahaya penyakit tersebut khususnya bagi anak-anak. Cacingan bisa menyebabkan infeksi usus yang membuat seorang anak mengalami kurang protein, kurang gizi, dan kurang darah.

"Akibat selanjutnya tentu bisa terjadi penurunan prestasi pada anak di sekolah," ujar Kepala Departemen Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Profesor Saleha Sungkar pada acara Seminar Edukasi Waspada Infeksi Cacingan di Jakarta, Rabu.

Menurut Saleha, secara teknis ada berbagai jenis cacing yang bisa menyebabkan penyakit di antaranya cacing gelang, cacing cambuk, cacing tambang dan cacing kremi.

Selain itu, kata Saleha, penularan penyakit cacingan juga beragam, di antaranya bersentuhan langsung dengan seseorang yang sudah cacingan, atau bersentuhan dengan permukaan benda seperti kran air, pegangan pintu, pensil, buku dan lain sebagainya yang sebelumnya sudah dipegang orang yang cacingan.

“Ada sejumlah cara untuk mengatasi cacingan yakni dengan memeriksa tinja secara periodik setiap enam bulan sekali,” tutur dia.

Di samping itu, kata Saleha, penderita perlu meminum obat cacing dan menjaga kebersihan diri, makanan dan lingkungan sebagai upaya pencegahan. Sedangkan untuk mengobati penyakit cacingan bisa dengan memberi obat yakni dalam bentuk abendazole dan pyrantel pamoat.

Menurut Prof Saleha, anak usia di bawah lima tahun (balita) paling rawan terkena cacingan. Jenis yang sering menyerang adalah cacing gelang. Tingkat prevalensinya di Indonesia mencapai 70 sampai 90 persen.

"Anak-anak biasa main tanah. Jika tanah ini tercemar telur cacing, maka telur tersebut akan masuk ke pencernaan anak-anak," ujarnya.

Telur cacing yang kontak dengan tanah, perlu waktu dua pekan untuk bisa menginfeksi manusia. Setelah dua pekan, telur sudah terisi larva. Telur berjumlah ribuan ini terbawa angin dan hinggap di makanan, atau tetap di tanah.

Apabila masuk ke pencernaan, cacing ini hidup di usus halus dan menghisap zat gizi yang dibutuhkan balita. Untuk bisa menetas menjadi dewasa telur butuh waktu sekitar dua bulan. Selama dua bulan, telur akan berkeliling ke seluruh sistem organ manusia.

Infeksi ringan akan menyebabkan anak mual, tidak nafsu makan, dan diare. Sedangkan dalam jumlah berat akan menyebabkan anak kurang gizi, tingkat kecerdasan menurun dan pertumbuhan terhambat. 

Sumber: http://www.pdpersi.co.id/?show=detailnews&kode=5841&tbl=cakrawala

Tidak ada komentar:

Posting Komentar