Sabtu, 01 Oktober 2011

Pencemaran Air Dan Dampaknya Terhadap Kesehatan Kita



Kita semua pasti sudah tahu salah satu unsur dalam kehidupan. Ya benar sekali, itulah air. Air sangat penting bagi kesehatan seluruh makhluk hidup. Sehingga sudah sewajarnya kita menjaga air supaya tidak tercemar. Pencemaran air adalah berubahnya kondisi air di tempat penampungan air misalnya sungai, danau, laut, dan air yang tersimpan dalam tanah akibat berbagai perilaku manusia. Siklus hidrologi kehidupan manusia sangat dipengaruhi oleh danau, sungai, air tanah dan lautan. Jadi apapun air yang kita gunakan, pastilah berasal dari siklus air sungai, danau, lautan dan air tanah. Jika salah satu komponen siklus hidrologi itu tercemar, maka akan mengakibatkan siklus yang lain ikut tercemar.

Tapi lihatlah keadaan di sekitar kita, tentu kita mudah sekali menemukan air yang berbau, berwarna, berasa aneh dan berbagai hal lainnya. Tentu kita tidak lagi sembarangan memanfaatkan air tersebut apalagi untuk konsumsi. Pencemaran air sekarang ini sudah sangat besar dan mengkhawatirkan. Berbagai riset menunjukkan banyak manusia meninggal karena konsumsi air yang tercemar tersebut.
Dulu ketika bahan kimia belum banyak digunakan manusia, tingkat pencemaran tidaklah terlalu berbahaya hingga mematikan. Tapi karena air sudah tercampur dengan bahan kimia, maka berita tentang kematian yang disebabkan oleh air kita anggap seperti hal biasa. Tapi karena ketidakpedulian kita, maka sering meremehkan tentang pencemaran air ini.
Dengan banyaknya kasus kematian yang disebabkan oleh pencemaran air, maka mengenali jenis dan tipe pencemaran air merupakan hal mutlak yang harus segera dilakukan. Sebenarnya pencemaran air dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu pencemaran air bersifat kimia, fisik dan biologis. Berikut penjelasan lebih rinci mengenai pengelompokan pencemaran air beserta dampaknya terhadap kesehatan
Biologis: bakteri, kuman dan virus
Efek kesehatan: mual, muntah, muntaber, pusing dan gangguan pencernaan. Dalam kondisi yang parah bisa menyebabkan kejang hingga kematian.
Kimiawi: limbah pabrik, racun pestisida, racun herbisida, getah, detergent
Efek kesehatan: penyakit ginjal, gangguan sistem saraf pusat, kanker, hepatitis, rusaknya sel darah merah, gangguan pembuangan air seni, terganggunya sistem pencernaan dan metabolisme
Fisik: asbestos, aluminium, kayu, plastik, kaleng, sampah organik, besi
Efek kesehatan: kanker, penyakit kulit (panu, kadas, gatal, bisul dll), keracunan, gangguan sistem saraf pusat, ginjal dan sistem metabolisme
Untuk penanggulangan pencemaran air adalah mengurangi kebiasaan buruk kita mencemari air seperti jangan membuang sampah ke air, membuang limbah ke sungai atau laut, menggunakan pestisida, herbisida dan kimia pertanian sesuai dosis dan masih banyak lagi. Semoga artikel kesehatan tentang pencemaran air dapat bermanfaat.

Sumber
http://reverse-osmosis-indonesia.com/pencemaran-air-dan-dampaknya-terhadap-kesehatan-kita/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar