Sabtu, 01 Oktober 2011

Jamsostek dan Askes Jadi BPJS Tahun 2014

Jumat, 23/09/2011 10:14 WIB 
Seluruh fraksi dalam Panitia Khusus Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Pansus BPJS) menyepakati hanya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) asuransi PT Asuransi Kesehatan (Askes) dan PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) yang menjadi BPJS. Kesepakatan itu diambil dalam rapat internal Pansus yang dilakukan, Kamis ( 22/9) hingga malam. Kesepakatan itu tidak jauh berbeda dari tawaran yang diberikan Rabu (21/9) sebelumnya.

Informasi yang diperoleh Jurnalparlemen.com menyebutkan, dua BUMN yang akan menjadi BPJS 1 dan 2 itu akan dioperasikan pada Januari 2014. Dalam Rapat Kerja (Raker) Pansus BPJS-Pemerintah yang berlangsung Rabu, tawaran itu pertama kali dikatakan oleh anggota Pansus BPJS dari F-PAN Hang Ali Sahputra Syah Pahan.

Saat itu Hang Ali mengatakan, PT Askes menjadi BPJS 1 dan PT Jamsostek menjadi BPJS 2. Program kesehatan yang ada di Jamsostek akan dialihkan ke Askes. Sementara PT Taspen dan PT Asabri dipersiapkan untuk bergabung ke dalam BPJS 2 dengan menunggu keputusan dari pemerintah.

Hal itu dilakukan karena Taspen dan Asabri menggunakan uang APBN secara penuh. Keputusan itu akan dibicarakan dalam lobi antara tim Pansus BPJS dengan pemerintah yang mulai berlangsung minggu depan.

Anggota Pansus BPJS dari FPDIP, Rieke Dyah Pitaloka menolak menjelaskan hasil Rapat Internal itu . “Yang kuceritakan adalah keputusan itu tidak jauh berbeda dengan rapat kemarin yang dilakukan terbuka,” katanya.
(nwk/nwk) 

Sumber
http://www.detiknews.com/read/2011/09/23/101103/1728782/10/jamsostek-dan-askes-jadi-bpjs-tahun-2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar