Rabu, 11 April 2012

SIAP SIAGA HADAPI BANJIR

Jakarta, 7 April 2012


Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE (6/4/12) mengingatkan kembali kepada masyarakat agar senantiasa menjaga Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), makan yang baik dan bersih, istirahat yang cukup dan senantiasa melakukan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).
Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama menyebutkan lima titik kritis CTPS adalah: 1) Sebelum makan, 2) Sebelum mengolah makanan, 3) Setelah BAB, 4) Setelah menceboki anak, dan 5) Setelah memegang lingkungan yang kotor dan hewan.
Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama juga mengatakan, untuk menghadapi datangnya musim hujan dan kemungkikan banjir maka Kementerian Kesehatan, khususnya Ditjen PP & PL telah mengambil langkah-langkah antisipasi terhadap kemungkinan peningkatan beberapa penyakit menular. Langkah antisipasi tersebut adalah pertama: mengingatkan kembali (surat edaran) kepada seluruh jajaran kesehatan di daerah dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen P2PL menyangkut: ketersediaan logistik, kesiapsiagaan tenaga/personil, peningkatan surveilans untuk pemetaan daerah rawan, dan peningkatan koordinasi baik lintas program maupun lintas sektor.
Langkah antisipasi kedua: menyiagakan Rapid Response Team di setiap tingkatan, untuk melakukan tindakan segera bila diketahui ada ancaman potensial kemungkinan terjadinya peningkatan penyakit menular, lanjut Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama.
Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: (021) 52907416-9, faksimili (021) 52921669, Pusat Tanggap Respon Cepat (PTRC): 500567 dan 081281562620, atau e-mail kontak@depkes.go.id.
 
Sumber : http://www.depkes.go.id/index.php/component/content/article/43-newsslider/1876-siap-siaga-hadapi-banjir.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar