Sabtu, 21 April 2012

MENKES DALAM KONDISI MEMERLUKAN PERAWATAN

Jakarta, 20 April 2012

Saat ini, Menteri Kesehatan RI, dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, Dr.PH tengah menjalani perawatan di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta. Pada Oktober 2010, Menkes terdeteksi mengidap kanker paru. Sejak saat itu, Menkes telah menjalani pengobatan baik di dalam maupun di luar negeri selama lebih kurang 1,5 tahun. Pengobatan tersebut antara lain radiasi lokal dan bedah beku, tujuannya untuk mengobati kanker secara lokal serta meningkatkan daya tahan tubuh. Selama kurun waktu pengobatan tersebut beliau menjalankan tugas  tanpa kendala.

Setelah menjalani pengobatan tersebut, kondisi Menkes cukup baik dan sempat tidak ada keluhan. Namun lebih kurang dua minggu yang lalu, Menkes merasakan keluhan nyeri di tubuh sehingga dilakukan pemeriksaan lebih intensif di RSCM. Berdasarkan hasil pemeriksaan menyeluruh yang dilakukan oleh tim dokter, disimpulkan Menkes memerlukan pengobatan lebih lanjut, berupa radioterapi/radiasi secara serial dan perawatan untuk mengurangi keluhan nyeri serta ketidaknyamanan. Selain radioterapi, juga dilakukan pemantauan kondisi darah dan metabolisme untuk meningkatkan stamina/kondisi tubuh.

Dalam rentang proses pengobatan yang sedang dijalani, kondisi Menkes menunjukkan perbaikan, dimana keluhan nyeri sudah berkurang. Saat ini, kondisi Menkes relatif baik/terkontrol. Beliau tetap melaksanakan tugasnya sebagai Menteri Kesehatan, serta memberikan arahan kepada para stafnya.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Direktur Utama RSCM, Prof. DR. Dr. Akmal Taher, Sp.U (K) melalui nomor 0811992595 atau bagian humas RSCM (021) 3914661 dan 3924268.  

Sumber : http://www.depkes.go.id/index.php/component/content/article/43-newsslider/1893-menkes-dalam-kondisi-memerlukan-perawatan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar