Rabu, 04 Januari 2012

Tabir Surya



Media Kesehatan | Tabir Surya - Tabir surya adalah istilah yang digunakan untuk produk yang dapat mengurangi efek buruk sinar matahari terhadap kulit. Dalam bahasa Inggris, istilah tabir surya dibedakan menjadi sunblock dan sunscreen. Pada waktu dan jumlah tertentu sinar matahari bermanfaat untuk kesehatan kulit maupun tulang, namun dalam jumlah berlebihan sinar matahari dapat berbahaya untuk kulit. Sinar matahari antara jam 10 hingga jam 4 sore berpotensi merusak kulit, karna sinar matahari memancar dengan kuat. Komponen sinar matahari yang paling berpotensi menyebabkan berbagai gangguan kulit adalah sinar ultraviolet (UV). Gangguan yang ditimbulkan oleh sinar UV: garis-garis halus, kerut, kulit kering, keriput dan noda-noda hitam. Hal ini terjadi karena sinar UV banyak menghasilkan radikal bebas di permukaan kulit yang paling luar. Jenis sinar lain yang dimiliki oleh matahari adalah sinar infra merah, yang kita rasakan kehangatannya.
APAKAH SINAR UV ITU?
Berdasarkan panjang gelombangnya, sinar UV dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:
  • UV-A,yang paling panjang: akan meresap masuk ke dalam kulit, sehingga dapat menyebabkan munculnya tanda¬-tanda penuaan, serta kerusakan sel-sel kulit yang bisa berujung pada kanker kulit. Ketika mencapai kulit, UV-A akan merangsang terbentuknya zat wama kulit melanin. Melanin ini, akan menyerap UV, sehingga menghambat masuknya UV ke lapisan kulit yang lebih dalam. Anda bisa melihat bahwa, orang-orang yang lebih banyak terkena sinar matahari mempunyai warna kulit yang lebih gelap, karena mereka mempunyai melanin lebih banyak.
  • UV-B: merupakan penyebab luka bakar kulit akibat sinar matahari dan dapat mempengaruhi DNA di kulit sehingga dapat memicu kanker kulit. Hanya sebagian UV-B yang dapat mencapai kulit kita, sisanya diserap oleh angkasa luar dan lapisan ozone.
  • UV-C, yang paling pendek. Sangat berbahaya untuk kehidupan manusia dan untungnya hampir seluruh UV-C diserap oleh lapisan ozon yang menyelimuti bumi, sehingga tidak akan mencapai kulit kita.

TABIR SURYA
Untuk memahami bagaimana tabir surya dapat melindungi kulit kita dari bahaya sinar UV matahari, berikut adalah penjelasan tentang cara kerja sunblock dan sunscreen.

SUNBLOCK: adalah zat yang akan memberi perlindungan fisik terhadap kulit dengan cara melapisi kulit, sehingga sinar UV yang datang akan dipantulkan atau dipotong menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Dengan cara ini sunblock dapat mencegah hampir semua sinar matahari yang akan menyentuh kulit, sehingga sangat efektif sebagai pelindung kulit. Kekurangan sunblock: kulit terlihat dan terasa lebih tebal dan putih. Kekurangan ini sebagian besar sudah diatasi dengan menggunakan partikel zat aktif yang sangat kecil (micronized). Zat aktif yang biasa digunakan dalam produk sunblock: titanium dioksida.
Contoh produk sunblock:
  • Nivea Sunblock Face cream SPF 30
  • Nivea Sun Sport & Sunblock Lotion 25
  • Parasol Sunblock Lotion SPF 30
  • Banana Boat Sport Protection Ultra Mist SPF 30

SUNSCREEN: adalah zat yang akan menyerap sinar UV dan kemudian memantulkannya. Sunscreen tidak menyebabkan kulit tampak atau terasa tebal dan putih, sehingga tidak mempengaruhi riasan wajah. Kekurangan sunscreen: kemampuannya untuk menyerap UV terbatas.
Contoh produk sunscreen:
  • Banana Boat Sunscreen Lotion SPF 30
  • Banana Boat Baby Sunscreen Lotion SPF 50
  • Bless Sunscreen Cream SPF 25
  • Bless Sunscreen Lotion SPF 25

SPF (SUN PROTECTION FACTOR)
SPF merupakan angka yang menunjukkan berapa lama suatu produk sunblock atau sunscreen dapat melindungi anda dari resiko terbakar oleh sinar matahari. Contoh: jika tanpa perlindungan tabir surya kulit anda akan terbakar setelah terpapar sinar matahari selama 20 menit, maka dengan produk tabir surya SPF 28 berarti anda terlindungi selama 20x28 menit sebelum kulit anda terbakar.
 
Sumber: http://www.mediakesehatan.co.cc/2010/10/tabir-surya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar