Kamis, 13 September 2012

Melahirkan Gratis Dengan Jampersal


SAWAH BESAR – Peningkatan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada warga DKI Jakarta tidak hanya melalui jaminan kesehatan daerah (jamkesda), namun juga melalui jaminan persalinan (Jampersal) bagi ibu-ibu hamil (bumil). Bagi ibu-ibu yang melahirkan di puskesmas tidak dipungut biaya atau gratis.

“Harus disyukuri, di bulan Puasa ini berkah melimpah diberikan oleh Allah SWT melalui Pemprov DKI Jakarta, khususnya bagi warga yang sakit dijamin melalui Jamkesda. Sedangkan untuk bumil juga tidak usah takut dalam persalinannya karena ada jampersal,” kata Hj. Rusmiati Saefullah, Ketua TP-PKK Jakarta Pusat (Jakpus) saat silaturahmi dengan kader-kader PKK se-Kecamatan Sawah Besar di Kelurahan Mangga Dua Selatan, Kamis (9/8).
Hadir juga ketua TP-PKK Kecamatan Sawah Besar, Oll Sigit, Wakil Ketua TP-PKK Jakpus, Syamsiah Bambang dan Rosnawati Syamsuddin Lologau. Dalam kesempatan itu juga diserahkan kartu jamkesda kepada warga dan kartu pendidikan gratis 12 tahun bagi anak-anak sekolah.
Jampersal merupakan jaminan pembiayaan yang digunakan untuk pemeriksaan kehamilan, pertolongan persalinan, pelayanan nifas termasuk pelayanan KB pasca persalinan dan pelayanan bayi baru lahir. Sehingga menurunkan AKI (angka kematian Ibu) dan AKB (angka Kematian Bayi).
Drg Ratu Umamah, dari Puskesmas Kecamatan Sawah Besar menambahkan dengan Jampersal bagi ibu yang akan melahirkan di puskesmas tidak perlu keluar biaya. Namun, sejak awal pemeriksaan sudah dilakukan di puskesmas baik kelurahan atau kecamatan. “Ibu-ibu tidak usah takut biaya melahirkan di puskesmas, tidak akan dikenai biaya atau gratis,” ujarnya.
Bagi bumil yang ingin ikut jampersal cukup mendaftar di puskesmas dan jaringannya. Syaratnya mudah, cukup menunjukkan identitas diri dan membuat surat pernyataan tidak mempunyai jaminan atau asuransi persalinan. (tarta)
Teks : Ketua TP PKK Jakpus Hj Rusmiati Saefullah (no 3 dari kiri) didampingi Ketua TP PKK Sawah Besar, Ny. Olla Sigit (paling kiri) dan pengurus PKK Jakpus bersama warga penerima kartu jamkesda dan anak sekolah penerima kartu pendidikan gratis
Sumber : http://kesehatan-ibuanak.net/index.php?option=com_content&view=article&id=375:melahirkan-gratis-dengan-jampersal&catid=44:berita&Itemid=56

Tidak ada komentar:

Posting Komentar