Rabu, 02 Mei 2012

PELATIHAN NASIONAL EDUKATOR DIABETES INDONESIA

Jakarta, 21 April 2012


Menteri Kesehatan, diwakili oleh Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (PP dan PL), Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, Sp.P(K), MARS, DTM&H, DTCE membuka secara resmi Pelatihan Nasional Edukator Diabetes Indonesia yang ke 10 yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Edukator Diabetes Indonesia (PEDI) di Jakarta (20/4/12).

Kementerian Kesehatan  menyambut baik pelatihan ini, karena 4 hal, yang pertama Diabetes Mellitus (DM) merupakan masalah kesehatan penting di Indonesia, sebab DM merupakan penyebab kematian ke 6, prevalensi DM perkotaan 5,7%, dan prevalensi Toleransi Glukosa Terganggu 10,2%.

Alasan kedua karena pengendalian DM haruslah merupakan continum care, dimana edukasi merupakan salah satu faktor amat penting. Kemudian para mereka yang sudah dilatih akan langsung dapat menangani pasien DM dan keluarganya sehingga mereka dapat tetap sehat, bugar dan mandiri. Sedangkan yang terakhir adalah pelatihan ini merupakan bentuk nyata partisipasi aktif masyarakat kesehatan untuk bersama pemerintah menanggulangi masalah kesehatan di Indonesia, dalam hal ini Diabetes Mellitus.

Pelatihan berlangsung selama 3 hari dan diikuti lebih dari 200 peserta, terdiri dari dokter, perawat, diietesien, dan petugas lain. Pelatihan sudah berjalan 10 tahun dan mempunyai 3 tingkatan yaitu dasar, lanjut dan berkelanjutan. Metode pelatihan dalam bentuk : teori, loka karya, serta simulasi.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: (021) 52907416-9, faksimili: (021) 52921669, Pusat Tanggap Respon Cepat (PTRC): <kode lokal> 500-567 dan 081281562620 (sms), atau e-mail kontak@depkes.go.id
 
Sumber : http://www.depkes.go.id/index.php/berita/press-release/1894-pelatihan-nasional-edukator-diabetes-indonesia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar