Minggu, 28 Oktober 2012

Alternatif Cuci Tangan Tanpa Air & Sabun


MINGGU, 28 OKTOBER 2012 10:08 wib
Niken Anggun Nurani - Okezone


PENYEBARAN bakteri memang sangat cepat. Dalam waktu empat jam saja, satu sel bakteri dapat berkembang hingga jutaan. Dan tangan merupakan tempat dengan bakteri yang sangat banyak.
 

Tangan kita banyak menyentuh benda dan permukaan. Tentu kontaminasi akan banyak terjadi melalui tangan kita. “Saat kita menyentuh banyak hal, akan ada banyak bakteri yang hidup di telapak tangan kita. Bakteri-bakteri ini bisa saja masuk dalam tubuh ketika kita menyentuh mata, hidung, atau mulut,” tutur Anis Karuniawati, Sp. MK, Ketua Laboratorium Mikrobiologi FKUI dalam acara bertema Rumah dengan Kuman atau Tanpa Kuman di Balai Kartini, Jakarta, baru-baru ini.
 
Salah satu cara menaggulangi penyebaran kuman dengan mencuci tangan. Namun, bagaimana jika tidak ada air dan sabun? Apakah cukup dengan menggunakan hand sanitizer?
 
“Tentu air dan sabun yang kita perlukan agar terbebas dari bakteri di tangan, penggunaan hand sanitizerjuga dapat membantu karena terkadang air yang kita gunakan untuk membilas saat mencuci tangan pun mengandung bakteri,” jelas Anis.
 
Penggunaan hand sanitizer ini bisa menjadi pilihan yang baik jika Anda ingin membersihkan tangan dari bakteri. Keuntungannya adalah Anda tidak perlu repot mencari air dan sabun saat Anda sedang tidak berada di rumah atau tempat yang tidak tersedia air dan sabun.
 
“Tentu penggunaan hand sanitizer ini hanya untuk tangan yang tidak dipenuhi dengan kotoran, misalnya tanah, jika kondisinya seperti ini, tentu air dan sabun yang lebih baik Anda gunakan,” katanya. (ina)
(tty)

Sumber : http://health.okezone.com/read/2012/10/28/486/710117/alternatif-cuci-tangan-tanpa-air-sabun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar