Sabtu, 05 Mei 2012

8 Kelurahan di Wilayah Kecamatan Padang Selatan Sudah Stop Buang Air Besar Sembarangan

2012-04-21 17:04:36

Wakil Menteri Kesehatan RI Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, MSc.PhD mewakli Menteri Kesehatan RI pada senin 16 April 2012 mencanangkan 8 Kelurahan di wilayah Kecamatan Padang Selatan yaitu Batipuh Panjang, Tabing Banda Gadang, Balai Gadang, Gunung Sariak, Pegambiran, Kurao Pagang, Limau Manis, dan Padang Sarai yang sudah Stop Buang Air Besar  Sembarangan (SBS) di desa Parak Buruk Kelurahan Batipuh Panjang.
 
Menurut Menkes dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wamenkes mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan momentum penting dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perilaku sehat yang dimulai dari diri sendiri, keluarga dan komunitas sehingga dicapainya masyarakat Sumatra Barat khususnya dan lebih khususnya lagi kota padang serta masyarakat Indonesia pada umumnya yang mandiri untuk hidup sehat.
 
Disadari pula bahwa upaya promosi dan preventif merupakan upaya penanganan masalah di hulu yang tidak cepat terlihat hasilnya dibandingkan upaya kesehatan di hilir seperti mengobati orang sakit. Oleh karena  itu pelaksanakaan kegiatan ini hendaknya terus disosialisasikan pada semua masyarakat untuk menjadikan air minum dan sanitasi sebagai prioritas pemenuhan kebutuhan dasar serta upaya pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan perilaku higenis dan menumbuhkan rasa memiliki.
 
Selain itu Menkes sangat bangga atas semangat kuat pemerintah dan masyarakat khususnya kota padang dan umumnya Sumatra barat untuk meningkatkan derajat kesehatan di wilayahnya. Memperjuangkan pentingnya perilaku sehat dengan memenuhi kebutuhan akan sarana air minum dan sanitasi dasar melalui pemberdayaan masyarakat sesuai kearifan lokal setempat, dengan semangat kebersamaan kita akan berjuang menyelamatkan hidup anak-anak atau adik-adik kita untuk terhindar dari berbagai penyakit menular. Oleh karena itu Menkes  Menyeruhkan ajaklah masyarakat di sekitar kita untuk ikut membiasakan prilaku yang sederhana dan sekaligus menjadikannya sebagai perilaku hidup yang harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
 
“Saya menyambut baik acara ini karena menyangkut masalah mendasar dibidang kesehatan dan kebutuhan masyarakat akan air minum dan sanitasi yang merupakan wujud nyata dari upaya promosi dan preventif yang menjadi prioritas pemerintah dalam RPJMN 2010-2014 dan MDGs”, Ujar Menkes dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wamenkes.
 
Oleh karena itu Menkes menyadari bahwa tujuan pembangunan kesehatan  tidak akan dapat tercapai hanya dengan upaya oleh sektor kesehatan saja apalagi hanya oleh Kementerian Kesehatan oleh karenanya dalam kesempatan yang baik ini Menkes mengharapkan kepada semua pihak di lingkungan pemerintahan kota padang, legeslatif, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi dan para mitra marilah bersama-sama masyarakat menyelanggarakan pembangunan kesehatan untuk mewujudkan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.

Menkes berpesan kepada masyarakat kota padang khususnya masyarakat kecamatan padang selatan dan kecamatan lainnya yang telah mendapatkan pelayanan air minum dan sanitasi agar apa yang telah dibangun bersama dapat terus dipelihara dan dikembangkan. Semoga allah swt meridhoi harta kita untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.
 
Pada kesempatan tersebut dilakukan pembacaan deklarasi Sudah Stop Buang Air Besar Sembarangan oleh kelurahan penerima sertifikat Stop Buang Air Besar Sembarangan dan penyerahan sertifikat serta penandatangan Naskah Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan oleh Wamenkes RI yang di dampingi oleh Dirjen PP dan PL, Walikota Padang dan Kadinkes Provinsi Sumatra Barat.
 


Dilakukan pula peninjauan sarana air bersih dan sanitasi serta penempelan striker Stop Buang Air Besar Sembarangan, Keluarga Sadar Gizi, dan Pengetahuan Komprehensif tentang HIV AIDS kerumah penduduk desa Parak Buruk Kelurahan Batipuh Panjang oleh Wamenkes bersama Dirjen PP dan PL Kemenkes RI, Walikota Padang, Kadinkes Provinsi Sumatera Barat, dan Kadinkes Kota Padang serta Direktur Penyehatan Lingkungan (PL) Ditjen PP dan PL Kemenkes RI.

Sumber : http://www.pppl.depkes.go.id/index.php?c=berita&m=fullview&id=573

Tidak ada komentar:

Posting Komentar